Salad Buah

Salad yang segar dan gampang bikinnya. Sehat tapi gw ga yakin bagus buat yang diet, pake keju n susu soalnya..hehe

Bahan:
1 kaleng Fresh Cut Fruit Cocktail merk S&W (atau merk Del Monte)
1 kaleng leci / longan, iris
1 pak keju Kraft Cheddar, parut
1 botol Yoghurt plain
fresh milk secukupnya

bisa ditambah buah segar, enaknya sih biasanya pk Apel Hijau granny Smith (potong dadu), strawberry, atau anggur (iris melintang). Bisa juga dtambah potongan keju yg dipotong dadu

Cara bikin:
1. Tiriskan cocktail kalengan, sisihkan. jangan buang airnya
2. Di mangkuk besar, campur yoghurt, air cocktail, dan keju parut. Encerkan dengan susu (jangan terlalu encer, nanti jadi sop! hehe).
3. Rasa manisnya itu dari si air cocktail, jd ga perlu ditambah gula lagi, kl kurang manis, masukin aja air dari leci kalengan.
4. Aduk rata
5. Campur buah kalengan, apel, anggur, lalu tata di atas pinggan atau mangkuk saji
6. Siram dengan saus, tuangnya pelan-pelan biar rata.
7. Beri sedikit keju parut di atasnya, hias dengan strawberry (bs jg diganti potongan cherry)
8. Masukkan dalam kulkas, sajikan dingin-dingin…SLURP!!

note : untuk apel, biar ga menghitam, setelah dipotong-potong masukkan ke dalam semangkuk air yang sudah dicampur dengan 1/2 sendok teh garam dan es batu.

seger dan sehat. tapi ga yakin bagus buat yg diet. banyak pake keju n susu soalnya

seger dan sehat. tapi ga yakin bagus buat yg diet. banyak pake keju n susu soalnya

Advertisements

Shabu-shabu

Ini dia shabu-shabu yang kemarin jd menu utama pas ketemuan ortu. Bukan, ini bukan narkoba…bukan juga shabu-shabu versi Alam Mbah Dukun. Tapi ini shabu-shabu beneran yang seger apalagi kl dimakan anget-anget pas badan lagi kurang sehat.

Bahan kuah:
2 liter air (kl ga salah sih 2 liter ya..gw kemarin ga ngukur soalnya, tp kl kurang tinggal ditambah kok)
1/4 ons (atau 250 atau 300an gram) daging sop, atau daging rawon
1 buah Bawang bombay, potong 4, lepas2kan
1 botol kecil kikkoman soy sauce
lemon juice dari perasan 1/3 buah lemon
gula secukupnya
garam secukupnya
lada hitam secukupnya

Bahan cemplungan:
– daging sukiyaki sesuai selera (boleh banyak boleh dikit)
– chikuwa, baso ikan, baso sapi, baso udang, crab stick terserah apa aja sesuai kesukaan
– jamur shitake, cuci bersih, potong sedikit bagian bawahnya, iris tipis-tipis
– sayur-sayuran, bisa pokcoy, sawi putih, baby kailan atau daun ginseng..YAP! daun ginseng! itu enak lho! teksturnya kaya kangkung dan rasanya krenyes2 kaya buncis. gw kemarin bikin akhirnya pake sawi putih, baby kailan, n daun ginseng.

Cara bikin:
Kuah:
1. Di sebuah panci besar, bikin air kaldu dari air, potongan daging sop/rawon, dan bawang bombay. Didihkan.
2. Masukkan kira2 2 centong sayur Kikkoman soy sauce, aduk rata
3. Masukkan gula (kmrn sih gw kira2 pakenya sekitar 3 sendok teh), Gula ini biar gurih, jd ga perlu MSG lagi.
4. Masukkan lemon juice
5. Masukkan garam dan lada hitam secukupnya
6. Sambil dicicip aja..kl ada yang kurang, tinggal tambah sendiri.
7. Aduk rata, biarkan di atas komoor dengan api kecil sambil diaduk sesekali

Cemplungan:
1. Baso-basoan dkk itu masing-masing direbus dulu ganti-gantian (jangan langsung semua masuk)
2. Jamur juga direbus
3. Tiriskan, lalu tata di atas piring saji ceper

Penyajian:
1. Siapin kompor portable di atas meja, pindahkan panci ke atas kompor portable.
2. Pas mau makan, baru daging, baso n sayurnya dimasukin ke panci kuah. Ga perlu lama-lama karena udah direbus.
3. Untuk sayur, masukinnya sebentar aja, asal layu, kl ga vitaminnya nanti hilang
4. Sajikan dengan kecap asin dan potongan rawit buat kl ada yg mau nambah

sehat, enak, dan gampang bikinnya!

sehat, enak, dan gampang bikinnya!