Tentang Hari Baik

431634

(image taken from http://www.123rf.com)

Ada beberapa pasangan calon pengantin yang harus melalui tahapan “mencari hari baik” untuk menikah. Ada itungan-itungannya sendiri yg gw juga ga terlalu ngerti apa rumusnya. Suka mikir: gimana kalo “hari baik”nya ternyata pas hari kerja? Sapa yg mau dateng tamunya? Padahal, kalo menurut gw pribadi sih, semua hari itu baik kok. (pernah gw tulis dulu jadi salah satu tips di sini)

Kaya hari ini di Titian Iman ngebahas tentang Keistimewaan Bulan Syawal. Gw masukin pertanyaan: “apa benar bulan Syawal itu baik untuk menikah?”. Aa Hadi ngasih jawaban, memang ada yang berpendapat demikian. Mikir kalo bukan nikah di hari baik nanti pernikahannya ga akan berjalan baik dan membawa berkah. Tapi sesungguhnya setiap hari itu adalah hari baik. Selama ga bentrok sama ketentuan agama (misalnya nikah di saat lagi berhaji), semua hari itu sah-sah aja. Yang penting niatnya, jangan cuma memikirkan perayaan saja, fokuskan pada bagaimana menjaga sebuah pernikahan itu dalam menghadapi masalah ke depannya.

Jadi, kalo ada yg bilang “Ah..tanggal itu kan bukan hari baik tuh!”…Ga usah terlalu dipikirin! Jalanin aja, asal niatnya baik, insya Allah pasti bawa berkahπŸ˜‰

7 thoughts on “Tentang Hari Baik

  1. he” baca tulisan dirimu gw jd inget ma para tetua di keluarga gw..mereka protes acara gw di bulan apit (antara idul fitri n idul adha),ktnya acara gw ada dibulan ga berkah….tp bismillah aja, gw n mas lanjut n bilang smua hari baik…n smakin yakin dgn baca postingan lo ini say’ tenkyu xixiixiixi…

    • sama-sama..setau gw sih emang soal hari baik itu kan ga ditentuin di dalam Quran, perhitungan hari baik cuma ada di budaya kita aja, kadang adat satu ama yg lain pahamnya beda2. ada yg bilang bulan Syawal bagus buat nikah, ada jg yg ky keluargamu yg protes soal nikah di bulan apit. jd daripada pusing-pusing, mending ngikutin tgl kosong di gedung aja. hehe…

  2. klo aku pribadi jg berpendapat demikian semua hari itu hari baik. tp klo org jawa blg; klo ada yg terbaik kenapa tdk kita ambil. ya ya..ya, smp hari ini pun aku blm habis fikir sm keputusan mereka, tp ya namanya calon org tua ya diikutin dehh.. alhasil aku menikah di hari rabu!! tp resepsi nya hari sabtu ..
    good luck for the wed prep nya yaπŸ™‚

Leave a Reply

