Apa Kabar Persiapanku?

Wah..sebulan lebih ga update blog! Oke, recap progress yang sudah terlaksana sampe bulan Desember minggu ketiga adalah sebagai berikut:

  1. Ukur beskap Aria buat akad nikah. Nyewa beskap di Sanggar Rias Abuti, Utan Kayu. Dapet dari temennya nyokap. Beskapnya bagus trus dapet batiknya yg batik tulis..jadi agak-agak bladus gitu. Ga mengilap kaya batik prada.
  2. Baju Bodo buat resepsi jadi. Aah..warnanya kaya permen! Warna hijau tosca dikasi payet emerald green di bagian dada. Udah dikirim ke Makassar buat ditambahan payet n aplikasi khas Bugis. (biar tambah rame, soalnya baju adat sana emang rame hiasannya, kl ga diramein nanti kalah ama seragam para saudara..hehe)
  3. Kebaya para ibu jadi (akad & resepsi). Gara-gara si ibu udah terlalu naksir ama bahan lace akad, jadi deh baju akad ama resepsi sama-sama ijo. Kalo yg buat akad dijait model kebaya biasa, yg resepsi dibuat model baju labu dengan detail serutan di pinggang kiri dan lengan agak puff. Semuanya jait di Teh Tina, temen nyokap yang biasa jait buat koleksinya Art Kea.
  4. Jas tutup para bapak untuk resepsi jadi. Warna abu-abu kehijauan, menyesuaikan ama sarung Bugisnya. Bahan raw silk sama ama bahan baju labu para ibu. Jait di Hendra Ps. Sunan Giri.
  5. Beli kain bawahan seragam bibi-bibi n sepupu. Beli kain batik dobi di Pasar Baru Bandung. Sepupu-sepupu nuansa ijo, bibi-bibi nuansa ungu, anak-anak nuansa kekuningan
  6. Confirm wedding songs. Ngirim list lagu ke Abel. Buat wedding singer minta ke temen sendiri yg udah b iasa nyanyi di kawinan sama band-nya. Seneng karena lagu-lagu yg gw mau rata-rata disanggupin ama dia, padahal ada beberapa yang ga terlalu umum. Format bandnya string accoustic dengan gitar, bass, dan 2 vokalis cewe-cowo. (format ini sengaja dipilih buat menghindari alunan poco-poco di resepsi gw! Hehehe)
  7. Rapat Panitia Jakarta. Keluarga Makassar, tambah satu keluarga dari pihak ibu, n satu temen deket keluarga yag ikutan bantuin. Tempatnya di rumah gw yg imut nan menggemaskan itu.  :p
  8. Rapat Panitia Bandung. Rapat sekalian syukuran rumah baru Bi Nanan, seperti biasa kl keluarga andung ngumpul mah suka jd seru sendiri. Ketua Panitianya prsentasi, yg lain malah rebutan pempek ama liat-liat baju jualan kakak gw. .dasarrr!
  9. Fitting kebaya akad. Bikinnya di Bu Narya, Jl Potlot. Model kebaya selutut, biasa aja ga macem-macem, biar kalo udah kelar acara bisa dimodif dikit n bisa dipake lagi. ;)
  10. Beli tiket pesawat buat honeymoon. Via Air Asia online menuju ke….BALI! Yak, tempat honeymoon sejuta umat! Haha..Padahal udah sempet niat survey soal Belitung ama Lombok. Malah udah sempet booking villa di Lombok, tp tyt kok tiket pesawatnya mahal bener ya? Akhirnya Bali aja deh…lumayan, ga sampe 1.3 udah dapet return ticket buat 2 orang.
  11. Seserahan untuk CPW 100% komplit. Beli handuknya pas ada sale di Metro PS. Lumayan, dapet handuk merk Hallmark dengan harga terjangkau!
  12. Seserahan untuk CPP 50%. Pas Midnight Sale di Kelapa Gading kemarin dapet toileteries Marks n Spencer dgn harga murah, ama Kemeja biru di The Executive yg diskon 25%..ha! Tinggal kurang celana, ama alat sholat (Quran, sajadah, sarung) baru baju koko aja yang udah. Sisanya…kue-kuean kali ya?
  13. Undangan udah jadi. Ada satu-dua hal yang sedikit missed. Warna hijaunya agak beda ama yang dimau, trus tulisan tanggal bukan silver, yg silver malah yg nama mempelai. Sempet bete, tapi kalo dipikir-pikir, ga signifikan juga sih salahnya. Lagian bikinnya di temen nyokap, jadi udah untung juga karena dapet potongan harga. Soalnya undangan kita secara teknis bukan nyetak di kertas berwarna, tapi mewarnai di kertas putih! Jadi lumayanlah liat hasilnya.
  14. Souvenir udah jadi. Bikin di toko Kreasi Bros, Pasar Pagi Mangga Dua. Cukup rapih untuk harga yang murah. Buat akad souvenirnya gantungan kunci bentuk cewe/cowo pake headphone (sekaligus bs buat pembuka botol juga). Buat resepsi bikin tas bahan spunbound yg bisa dilipet. Maksud hati biar ramah lingkungan, jadi ngasihnya tas…kan bisa kepake juga. Trus minta dibungkusnya pk tille, biar hemat plastik. Seneng banget dapet souvenir murah meriah, kemarin pas meriksain gantungan kuncinya, ga ada yg cacat satupun. Tinggal periksa tasnya aja nih…tp..banyak! huhu…ayo dicicil!
  15. Foto Pre-wed. It was totally full of fun! Seruuuw banget! Mungkin karena fotonya sama temen sendiri. Karena kita berdua ga suka foto yang terlalu resmi, jadi dibikin bergaya santai dengan tema makanan! (yah..kami ini emang tukang makan, makanya tema foto pre-wednya makan-makan), trus muter-muterin Bintaro n BSD buat foto-foto. Sangat menyenangkan sekali! Nanti dibikin postingan terpisah soal yang satu ini.
  16. Lunasin penghulu. Dapet penghulu ganteng! Hahaha…Udah dilunasin berarti tinggal nunggu panggilan Suscatin yang katanya bakal diadain tengah Januari.

Hmm….lumayan banyak juga progressnya, tinggal testfood DTC lagi soalnya kata Mba Retno fix-in menunya 2 minggu sebelum hari-H aja, jadi mari menggiatkan testfood! Terus mungkin ngobrol-ngobrol lagi ama Mba Sylvia Janur Kuning soal dekorasi nanti, katanya mau ada barang baru soalnya.

Tinggal kumpulin semua seserahan plus cincin n mas kawin di rumah Wa-nya Aria, biar gampang buat disusun. Trus booking hotel buat honeymoon. Kita ga nginep di villa, tapi cuma di kompleks studio apartment, konsepnya unik banget! Udah kirim e-mail buat booking ke orangnya…mudah-mudahan cepet dikabarin n belum keisi ama orang lain.

Sebulan lagi….SEMANGAAAT!!

Berburu Bahan Kebaya Akad n Baju Bodo

Masih menyatroni bilangan Mayestik. Beberapa minggu lalu udah beli kain buat baju bodo yang bakal dipake pas resepsi. Berhubung baju bodo (dan segala pernak pernik pernikahan adat bugis) biasanya berwarna gonjreng, jadilah kita nyari bahan yg mengkilap. Agak susah karena pengen cari yg mengkilap tapi jatuhnya ga norak n ga terkesan murahan.

Nemu di Pronto Moda, bahannya organdi mengkilap tp yg permukaannya agak kasar. Pilihan warnanya banyak banget! Karena pengen aksesorisnya nanti nuansa perak, bukan emas, jadi pilihannya antara ungu tua atau ijo tosca, akhirnya kita milih yg warna ijo tosca. Buat furingnya pake satin yg ada garis-garis emasnya biar keliatan ga biasa. Senangnya karena lagi ada diskon, harganya jd murah banget! Harga per meternya yang organdi ga sampe 20rb, yg satin ga sampe 10rb. Total-total cuma sekitar 200rb padahal kita beli bahannya masing-masing 10 meter!

kain buat atasan baju bodo plus furingnya

kain buat atasan baju bodo plus furingnya

Nah dua minggu yang lalu, jalan lagi ke Mayestik nyari bahan lace putih buat kebaya akad. Keluar masuk toko, akhirnya nyangsang di Target. Senengnya kalo di sini, bahannya dipasangin ke manekin, jadi bisa keliatan kira-kira jatuhnya nanti kaya apa. Sampe dijejerin lima manekin gitu! Mumpung lg sepi kali tokonya..hihihi… Akhirnya beli bahan yg mirip kaya bahan kerudung nenek-nenek jaman dulu…jadi bunganya kaya aplikasi gitu, bukan kaya lace biasa. Ternyata itu kain versi murah dari salah satu bahan french lace. Mirip banget! Tapi yg asli harganya 2,5 juta (per meter sodara-sodara!) kalo yg ini kira-kira seperlimanya. Masih sedikit mahal sebenernya, tapi mau diakalin modelnya biar nanti-nanti tetep bisa dipake, kan sayang kl cuma sekali pake.

lace putih gading buat kebaya akad

lace putih gading buat kebaya akad

Berganti ke bahan baju para ibu buat akad, naksir dua kain, yg satu lace warna iijo telor asin, satu lagi warna abu-abu keperakan. Dua-duanya warnanya cantik banget, tapi yg warna ijo telor asin lebih ga biasa liatnya. Bahannya aluuus banget dan motifnya tipis-tipis gitu, terlihat mahal. Akhirnya dijejerin lagi lah itu manekin buat milih furing yg pas.

Selesai jatah orang tua, tinggal nyari bahan kebaya sepupu-sepupu. Sebenernya buat para abege itu maunya nyari warna ijo telor asin, gara-garanya liat foto-foto pernikahan adenya Bianca Adinegoro, seragam temen2nya pk warna ijo telor asin n keliatan cantik banget. Tapi ternyata susah banget nyari warna ijo telor asin gitu…apalagi yg terkesan muda. Sempet naksir lace warna biru-pink, tapi akhirnya ditunda dulu beli seragamnya. Coba tanya sepupu-sepupu dulu.

bahan para ibu buat akad, dan bahan yg ditaksir buat seragam sepupu tp ga jd dibeli :p

bahan para ibu buat akad, dan bahan yg ditaksir buat seragam sepupu tp ga jd beli

Muter-muter lagi nyari bahan buat sarungnya baju bodo buat dipake pas resepsi, ini dia nih bahan yg paling susah nyarinya! Udah keluar masuk beberapa toko tapi ga nemu, akhirnya dua hari setelahnya balik lagi ke Mayestik (untung kantor deket bgt jadi pulang kantor msh sempet ke sana). Nyatronin Fancy ga dapet, akhirnya balik arah ke Pronto Moda, nemu bahan organdi putih yg ada aplikasinya nuansa ijo muda-ijo tua-putih, tapi ternyata kurang matching ama warna kain yg dibeli sebelumnya. Akhirnya ngubek-ngubek di lantai 3 dan nemu bahan yg lebih masuk warnanya. Aplikasinya juga rame tapi ga norak. Walaupun….harga per meternya mahal! huhuhu… Mana udah gitu kita mau beli 4 meter tapi ga bisa karena stok kainnya tinggal 4.5 meter. Dan tokonya ga bisa jual kalo nyisa 1/2 meter gitu. Tapi kalo diambil semua jatuhnya lumayan besar, padahal kita ga butuh. Akhirnya deal dgn harga 4.25 meter untuk bahan sepanjang 4.5 meter. Mahal, tapi untungnya bahan atasan waktu itu jatuhnya murah.

detail kain pelapis sarung

detail kain pelapis sarung

Jadi nanti buat resepsi bikinnya model baju bodo, bawahnya model rok tp dilapis kain berpayet ini. Belum kebayang kan jadinya kaya apa? Gw juga! hehe..

foto-foto selengkapnya bisa dilihat di sini

Beli Batik di Pandawa Lima

Yang satu ini lupa diposting. Waktu nyari kain batik seragam buat lamaran, aku, ibu, n Aria jalan ke Pasar Tanah Abang Blok A, karena menurut ibu di sana ada pusat batik yang lumayan lengkap. Tapi sumpah musingin banget jalan-jalan disini, ga sefriendly ITC karena layout kiosnya lebih mepet n void di tengah ga terlalu besar. Mungkin karena baru beberapa kali jadi belom apal kali ya?

Anyway, toko yang dicari itu namanya Pandawa Lima, tapi ibu lupa letaknya dimana. Muter-muter sampe belakang, naik turun lantai, eh pas ga dicari malah ketemu! Kalo ga salah tokonya ada 3, satu di lantai 5, satu di lantai LG, satu di B1. Nah yang kita temuin pertama itu yg di LG, deket eskalator tengah. Tapi ternyata ga banyak sogan di situ. Banyakan batik pekalongan. Akhirnya kita turun selantai, jalan terus ngelewatin lift, nah tokonya ada di sebelah kanan.

Setengah kios Pandawa Lima

Setengah kios Pandawa Lima

Waaah..banyak banget pilihannya! Batik klasik ada selemari, trus ada ragam lain yg didisplay di depan kios. Ada satu keranjang isinya kebaya-kebaya diskonan dari bahan organdi. Duh…lucu bangeeet! simple tapi sweet n ga norak. Tapi sayangnya, itu buat anak kecil! huhu…biarpun gw suka pake ukuran anak kecil, tapi kayanya ukurannya tetep ga muat deh.

ada batik pekalongan, cirebon, sogan, prada, dsb

ada batik pekalongan, cirebon, sogan, prada, dsb

Abis proses pilih-pilih yang lamaaaa…banget! (Diseling nyari sendal krn sendal ibu putus, dan ibu sempet2nya melancong ke kios batik garutan yg ga jauh dari situ…msh punya Pandawa Lima juga). Akhirnya diputusin beli batik warna coklat sepasang. Buat dijadiin kain bawahan di gw, dan kemeja batik di Aria. Sebenernya yang kita taksir itu kain batik pekalongan motif lereng nuansa biru-ungu-peach yang keren dan unik. Tapi sayangnya cuma ada satu…jadi ga bisa pasangan. Tapi akhirnya tu kain tetep gw beli, udah telanjur jatuh hati, jd kayanya lucu juga kalo dijadiin dress..hehe..

Sayang lupa difoto…nanti lain kali diupload deh foto hasil buruannya.

Warna-warni Sutra Makassar

Karena berencana resepsi menggunakan adat Bugis, jadi gw n nyokap sempet kepikiran buat beli kain di Makassar. Karena sayang ama harga tiket, awalnya diputuskan gw doang yg berangkat, biar bisa milih sendiri. Trus ga jadi2 mulu karena satu dan lain hal. Eh pas beberapa waktu lalu ke dateng ke pameran kain di JHCC, ternyata ada standnya Sumber Sutra!

Sempet kepikir, “Wah! Untung nih! bisa milih di sini jadi ga usah ngeluarin ongkos buat pesawat!”. Walaupun pilihannya ga terlalu banyak karena boothnya kecil. Tapi ternyata, di Jakarta mereka udah punya showroom aja gitu! Untung ga jadi ke Makassar, kl ga kan kecele :p

Akhirnya Sabtu minggu lalu dateng ke showroomnya di Pejompongan sama Ibu n Aria. Waah..warna-warni! khas Bugis banget deh warna2nya kinclong gitu! Tapi niat awal yg nyari bahan buat baju bodo pas resepsi ternyata malah ga terlaksana, karena gw blm kepikiran mo pake warna apa. Dan pas di sana ga nemu warna n bahan yg sreg. Ada satu kain yg gw taksir buat bahan seragam teman2 kantor, tp ternyata harganya 400ribu/sarung which is 2 meter-an! WAKS?! maaf ya teman-teman, gw sayang kok ama kalian, tp ga sampe beli kain seharga 400rb juga ya..huhuhu..

motif tulang ikan

motif tulang ikan

warna hijau muda-nya cantik

warna hijau muda-nya cantik

salah satu kain yg gw beli

salah satu kain yg gw beli

Akhirnya malah beli bahan buat baju pengajian. Ditambah satu bahan warna soft pink yang lucu banget, tapi ga tau buat apaan. Kalo buat bahan baju bodo resepsi sih lucu…tapi ga tega gw liat Aria pk baju warna pink pas resepsi! -_-’

buat yg mau cari kain sutra Makassar, dateng aja ke Sumber Sutra di Jl Penjernihan I, no.3A. Persis di seberang pom bensin.

foto-foto lainnya bisa dilihat di sini

Berburu Peach di Mayestik

Waktu awal Mei, nyokap baru sadar kalo gw belum bikin kebaya buat lamaran. Gw pikir mau pake kebaya yang ada aja, tapi sama nyokap disuruh bikin, soalnya kebaya yg sering gw pake cuma itu-itu aja. Jadilah kita berburu bahan ke Mayestik.

Dari awal pas lagi liat-liat majalah Perkawinan edisi kebaya, udah naksir ama kebaya warna peach. Jadi pas di Mayestik, langsung yang dicari adalah brokat warna peach. Tapi ternyata…susah bgt dapet brokat warna peach! Dari Fancy, La Moda, Mumbay Tekstil, Target, sama satu toko yg gw lupa namanya….ga ada yg warnanya persis kaya yg gw mau. Eh koreksi! Ada sih yang warna peachnya lumayan pas….tp ada di deretan french lace yg harganya antara 600-2 juta ituh…huhu..sayang bgt kl cm kebaya lamaran pk yg semahal itu.

Akhirnya kita balik lagi ke Fancy, pilih bahan tille halus yg ada bordiran bunga dengan bahan agak mengkilap gitu. Hampir peach lah warnanya, diakalin di bustier aja biar warnanya jd lebih peach. Bahan ini sebenernya bahan yang pertama gw temuin di Fancy, tapi karena masih penasaran ama brokat, jadi muter-muter dulu (walau akhirnya berujung pada barang yang pertama ditemui….dasar cewek! :p )

akhirnya beli ini

akhirnya beli ini

ini detailnya

ini detailnya

bhn tile-bhn bustier-furing

bhn tile-bhn bustier-furing

llll

Bahan yang di tengah itu bahan furing, jadi sempet bingung mau pake furing apa bustier. Karena sebenernya warnanya lebih bagus kl dipaduin ama bahan furingnya. Buat jaga-jaga kita beli dua-duanya (untungnya harga furing murah, cm 7500 / m). Tapi berhubung kl maksain pake furing dan tetep bikin bustier (karena ga mgkn furingnya doang, bahannya tipis dan nerawang), jadi akhirnya furingnya ga jadi dipake. Yah, mungkin bisa dijait jadi kerudung atau bisa buat furing bahan lain nantinya.