Review Janur Kuning Decoration

This is my favorite vendor!

Mba Sylviaaaa….aku suka semuanyaa!! :D

Konsep dekorasi yang kita pake buat resepsi adalah adat bugis modern dengan tone warna tosca-silver. kaya yang pernah diceritain di sini, nyari dekorator Bugis itu susah-susah gampang. Kita ga mau yang terlalu tradisional karena warnanya ga sesuai ama yang dimau dan biasanya mereka ga menyediakan dekor gedung (cuma pelaminan dan acara adat aja). Ga mau juga yang terlalu modifikasi seperti penggunaan pelaminan dari full styrofoam, karena ga kerasa Bugisnya. Akhirnya kita putusin untuk menggunakan jasa Janur Kuning. (info: Janur Kuning itu udah rekanan Patra Jasa, jadi ga ada charge tambahan..lumayaaan)

Dari awal milih Janur Kuning, kita udah seneng banget karena Mba Sylvia n Mas Bahar enak diajak ngobrolnya. Mereka bersedia dengerin permintaan kita yang mgkn agak musingin itu, dan juga ngasih masukan ke kita dari segi teknis. Pas technical meeting, gw sempet salah kasi tau waktu tapi Mba Sylvia tetep bela-belain ngebut dan dateng ke gedung sambil bawa sketsa dekor ruangan dan contoh kain. You know what? karena mereka ga punya kain dan hiasan2 adat Makassar, mereka pesan langsung kainnya ke pengrajin di Makassar. Emang sebenernya bisa dibikin di sini, tapi takutnya hasilnya salah dan ga sesuai. That, i would say, is an attitude of a professional vendor.

Waktu hari H, kru Janur Kuning baru mulai masuk ruangan jam 3an, tapi mereka ngasih jaminan jam 1/2 6 udah beres. Dan bener aja loh kelarnya tepat waktu! Padahal Mba Sylvia sempet harap-harap cemas tu krn baru ngerjain panggung pelaminan begitu, jd takut ga sesuai perkiraan. Tapi kata dia, kru yang ngerjain pelaminan beda ama yg ngerjain set panggung musik, beda lagi sama kru pergola n tenda buku tamu, beda lagi sama bunga. Karena masing-masing udah fokus ama kerjaan sendiri, jadi cepet dan rapih deh hasilnya.

area buku tamu, di meja dipasangin tabire. I love the backdrop and the chandelier! (foto: dok. Janur Kuning)

meja consule, tempat majang foto narsis. request soal bunga sedap malam terpenuhi (foto: dok. Janur Kuning)

pergola tenda setelah pintu masuk ruangan.ijonya dibikin beda biar ga monoton (foto: dok. Janur Kuning)

Ini dia panggung pelaminannya didominasi silver biar mantennya tetep keliatan (foto: dok. Janur Kuning)

Yayaya…saya emang ga modal karena semua fotonya boleh embat dari dokumentasi Janur Kuning. Maaf ya Mba Sylvia..aku soalnya ga punya foto dekorasi yang cukup jelas…huhu..padahal masih ada panggung musik, payung-payung cantik sepanjang red carpet, ama detail rangkaian bunga yang cantik-cantik itu. Kalo mau liat contohnya, coba search aja di Facebook, atau dateng langsung ke kantornya..liat-liat fotonya.

O,iya…soal bunga, dari waktu liat foto-foto pas main ke kantor mereka sama pas liat contoh dekor pas acara emang udah suka banget. Bunga-bunga import yg fresh, dirangkai cantik. Nuansa bunga yang kita minta adalah hijau-putih-peach, ga mau ada merahnya. Dan gw punya special request karangan bunga sedap malam yang banyak, soalnya nyokap suka banget ama sedap malam, udah gitu bikin ruangan jadi wangi. Bunga-bunganya ga murahan, pake lily..banyaak banget lilynya, trus bunga yang kaya kol n kaya sawi itu (namanya apa sih, mba?), trus yg mirip baby breath, bunga yg kaya pompom..ah..soal nama tanya sendiri deh ke orangnya. Gw makin lama makin ngarang kayanya :p

Secara keseluruhan, gw sangat puas sama kerjanya Janur Kuning. Banyak yang bilang bagus, pelaminannya unik dan warnanya keren. Banyak yang moto-moto berlatar pelaminan. This vendor maybe a bit pricey, but I think it’s worth every penny ;D

nilai: skala 1-10…9.5! (cm sedikit kurang rapih waktu nutupin sisa panggung Patra Jasa yg agak lengkung. tp ga terlalu keliatan sih.)

24 thoughts on “Review Janur Kuning Decoration

    • makasiiih…kan krn dibantuin ama Shinda juga. Maafkan yaa merepotkan dirimu yang sedang hamil. Foto-foto blm sempet diupload nih, tp plg nanti uploadnya ke Facebook. nanti ku-tag deh ;)

  1. Mbak Miranti & Mas Aria seperti aku katakan di fb .terimakasih utk kepercayaan yg telah diberikan kepada janur kuning ini semua berjalan lancar berkat mbak miranti & mas aria n kel jg yg sangat mudah utk kordinasi dan memahami kreatifitas yg kami berikan, sekali lagi terima kasih ya mbak and Mas oh ya sorry yah camera nya digital biasa jadi kurang ok and gak di edit lg
    jadi kaya gituh deh…apa adanya heheh….banyak yang suka tuh sama pasangan boneka yang di atas meja consule :) lucu

  2. hai, miranti..
    gara-gara review mu ini, aku jadi mau pakai janur kuning buat dekornya :)

    ternyata, hampir semua vendor kita samaan.. hwehee

    • @arina
      wah..baru baca nih. maaf ya
      soal baju bodo sewaan, kayanya bisa nyewa di sanggar Tamalate,
      yg punya namanya Daeng Aseng. kl ga salah nomornya 021-681402
      ada juga asdinar tompo 021-48703238, 0815-14579915
      semoga bisa membantu :)

  3. hai kebetulan juni nanti aku mau pake
    adat bugis, boleh tau gak kisaran pricenya untuk dekorasi bugis modern cos kebetulan janur kuning trmasuk rekanan gedung yg aku pake. mohon infonya yah. tks

    • hi! untuk price list & rinciannya yg lebih update, sebaiknya langsung ditanyakan ke janur kuning. mereka juga ada di facebook, mungkin bisa jadi lebih mudah kontakannya. :)

  4. wah..baru baca nih. maaf ya
    soal baju bodo sewaan dan baju penggantin, kayanya bisa nyewa di sanggar virta.yg punya namanya bu atty,kl gak salah nomornya 08161986996,021-72020320 atau ba tata 0816485077 email sanggarvirta@yahoo.com selain pengganti bugis bu atty pun bisa penggantin makassar,toraja,mandar.mulai dari mapasili,mapacci,akad nikah,mapparola dan resepsi

  5. Haai Mba Miranti :)

    Mau tanya, waktu itu slain Janur Kuning ada vendor lain yg nyedian pelaminan bugis makassar yg bukan pake styrofoam? Klo Rich Art gitu gimana?

    • Halo mba Astri!

      Waktu dulu saya & Miranti survey ke banyak vendor di Jakarta, hampir semuanya pakai styrofoam untuk pelaminan adat yang ngga umum seperti adat Bugis. Soalnya gampang dibentuk, ongkos produksinya ngga terlalu mahal, dan mudah untuk bongkar pasang di waktu yang sempit.

      Kalau boleh tau, kenapa nyari yang ga pake styrofoam?

      • Makasih banyak buat infonya :)
        Sebenernya saya belum ada bayangan seperti apa dan terbuat dari apa pelaminan adat itu, berhubung saya baca postingan Mba Miranti kalau full styrofoam itu ga kerasa bugisnya jadi ambil kesimpulan sendiri kalo untuk bugis bagusnya ga styrofoam :p

      • Oh gitu.. Sebetulnya sih kalau pelaminannya sudah berdiri & dipadu dengan element dekor lainnya plus lampu2 di ruangan, ngga kelihatan kok styrofoamnya. Malah bagus2 aja ternyata. :)

  6. maaf mbak.. kalau saya boleh tau mbak ada alamat atau contact janur kuning yang mbak pake tidak?
    karena saat saya cari di google janur kuning itu ada beberapa, ada decorations, ada wedding plannernya juga..
    jadi saya bingung. Terima kasih mbak sebelumnya
    terima kasih sebelumnya mbak.. :)

  7. Ya ampun Miranti. Gugling2 tentang wedding adat Bugis nemunya blog kamu nih. Sekalian tanya2 boleh kan? Apakah si Janur kuning ini cuma dekor aja? Vendor make up sama kostum kamu dari manakah? Terus kostum kamu pake baju bodo? Warna apa? Soalnya kan pelaminannya silver tuh. Thanks yaaa.. :D

    • Haaaai Titiw :D
      Boleh bener nanyanya…dulu aku cuma pake Janur Kuning untuk dekor resepsi.
      Kalau baju pengantin cewe-cowo aku bikin sendiri, krn maunya warna tosca sementara baju bodo yang udah ada warnanya suka ajaib.
      Nyari bahan yg agak kaku dan furing yg agak mengilap, dapetnya di Pronto Moda Pasar Baru.
      Jahit di penjahit kebaya langganan cuma dibikin model baju bodo gaya modern yg tangannya model pop.
      Sarung juga jahit sendiri model rok. Trus bordir, payet, n hiasan lain dipasangin sama tanteku yg dari Makassar.
      contoh bajunya ada di sini:
      http://pipikedut.wordpress.com/2013/02/05/still-a-long-way-to-go/

      Tanteku ini juga yg ngerias karena kebetulan emang di Makassar dia jadi perias pengantin. Jadi periasnya masih keluarga.
      Pelaminannya silver-hijau tua (vendor dekornya mesen langsung hiasan kainnya ke Makassar, tapi emang disana ga ada warna tosca, jadi pakai hijau tua)
      Pelaminannya dominan silver jadi pengantinnya tetep bisa kelihatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s