Berburu Bahan Kebaya Akad n Baju Bodo

Masih menyatroni bilangan Mayestik. Beberapa minggu lalu udah beli kain buat baju bodo yang bakal dipake pas resepsi. Berhubung baju bodo (dan segala pernak pernik pernikahan adat bugis) biasanya berwarna gonjreng, jadilah kita nyari bahan yg mengkilap. Agak susah karena pengen cari yg mengkilap tapi jatuhnya ga norak n ga terkesan murahan.

Nemu di Pronto Moda, bahannya organdi mengkilap tp yg permukaannya agak kasar. Pilihan warnanya banyak banget! Karena pengen aksesorisnya nanti nuansa perak, bukan emas, jadi pilihannya antara ungu tua atau ijo tosca, akhirnya kita milih yg warna ijo tosca. Buat furingnya pake satin yg ada garis-garis emasnya biar keliatan ga biasa. Senangnya karena lagi ada diskon, harganya jd murah banget! Harga per meternya yang organdi ga sampe 20rb, yg satin ga sampe 10rb. Total-total cuma sekitar 200rb padahal kita beli bahannya masing-masing 10 meter!

kain buat atasan baju bodo plus furingnya

kain buat atasan baju bodo plus furingnya

Nah dua minggu yang lalu, jalan lagi ke Mayestik nyari bahan lace putih buat kebaya akad. Keluar masuk toko, akhirnya nyangsang di Target. Senengnya kalo di sini, bahannya dipasangin ke manekin, jadi bisa keliatan kira-kira jatuhnya nanti kaya apa. Sampe dijejerin lima manekin gitu! Mumpung lg sepi kali tokonya..hihihi… Akhirnya beli bahan yg mirip kaya bahan kerudung nenek-nenek jaman dulu…jadi bunganya kaya aplikasi gitu, bukan kaya lace biasa. Ternyata itu kain versi murah dari salah satu bahan french lace. Mirip banget! Tapi yg asli harganya 2,5 juta (per meter sodara-sodara!) kalo yg ini kira-kira seperlimanya. Masih sedikit mahal sebenernya, tapi mau diakalin modelnya biar nanti-nanti tetep bisa dipake, kan sayang kl cuma sekali pake.

lace putih gading buat kebaya akad

lace putih gading buat kebaya akad

Berganti ke bahan baju para ibu buat akad, naksir dua kain, yg satu lace warna iijo telor asin, satu lagi warna abu-abu keperakan. Dua-duanya warnanya cantik banget, tapi yg warna ijo telor asin lebih ga biasa liatnya. Bahannya aluuus banget dan motifnya tipis-tipis gitu, terlihat mahal. Akhirnya dijejerin lagi lah itu manekin buat milih furing yg pas.

Selesai jatah orang tua, tinggal nyari bahan kebaya sepupu-sepupu. Sebenernya buat para abege itu maunya nyari warna ijo telor asin, gara-garanya liat foto-foto pernikahan adenya Bianca Adinegoro, seragam temen2nya pk warna ijo telor asin n keliatan cantik banget. Tapi ternyata susah banget nyari warna ijo telor asin gitu…apalagi yg terkesan muda. Sempet naksir lace warna biru-pink, tapi akhirnya ditunda dulu beli seragamnya. Coba tanya sepupu-sepupu dulu.

bahan para ibu buat akad, dan bahan yg ditaksir buat seragam sepupu tp ga jd dibeli :p

bahan para ibu buat akad, dan bahan yg ditaksir buat seragam sepupu tp ga jd beli

Muter-muter lagi nyari bahan buat sarungnya baju bodo buat dipake pas resepsi, ini dia nih bahan yg paling susah nyarinya! Udah keluar masuk beberapa toko tapi ga nemu, akhirnya dua hari setelahnya balik lagi ke Mayestik (untung kantor deket bgt jadi pulang kantor msh sempet ke sana). Nyatronin Fancy ga dapet, akhirnya balik arah ke Pronto Moda, nemu bahan organdi putih yg ada aplikasinya nuansa ijo muda-ijo tua-putih, tapi ternyata kurang matching ama warna kain yg dibeli sebelumnya. Akhirnya ngubek-ngubek di lantai 3 dan nemu bahan yg lebih masuk warnanya. Aplikasinya juga rame tapi ga norak. Walaupun….harga per meternya mahal! huhuhu… Mana udah gitu kita mau beli 4 meter tapi ga bisa karena stok kainnya tinggal 4.5 meter. Dan tokonya ga bisa jual kalo nyisa 1/2 meter gitu. Tapi kalo diambil semua jatuhnya lumayan besar, padahal kita ga butuh. Akhirnya deal dgn harga 4.25 meter untuk bahan sepanjang 4.5 meter. Mahal, tapi untungnya bahan atasan waktu itu jatuhnya murah.

detail kain pelapis sarung

detail kain pelapis sarung

Jadi nanti buat resepsi bikinnya model baju bodo, bawahnya model rok tp dilapis kain berpayet ini. Belum kebayang kan jadinya kaya apa? Gw juga! hehe..

foto-foto selengkapnya bisa dilihat di sini

About these ads

7 thoughts on “Berburu Bahan Kebaya Akad n Baju Bodo

  1. ih…cantik2 bgt bahannya…jadi penasaran liat jadinya kayak apa baju bodo nya nanti…
    akhirnya pake pernak-pernik bugis dari siapa mba? Asdinar Tompo apa Daeng Aseng?
    aku sempet baca di majalah Anggun, ada baju bodo untuk kawinan…kl ngga salah nama nya sanggar Basmalah…
    good luck yah…

    • aku ga pake dari dua-duanya. Kalo buat baju kebetulan tanteku di Makassar ada yg biasa ngerias penganten dan nyewain baju bodo, jd baju odonya nanti jait di sini, trus aksesorinya pinjem dari dia, sekalian make up buat resepsi ama dia jg.

      kalo buat dekorasi, aku ga nyari yg dr sanggar krn pengennya emang ga terlalu tradisional, pengen pelaminan bugis yang modifikasi aja.

      eniwey, thank u buat doanya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s